Gempa Bumi 6 SR di Gunung Kinabalu Malaysia

Gempa Bumi di Gunung Kinabalu MalaysiaGempa 6 skala richter (SR) yang mengguncang Kinabalu, Sabah, Malaysia, ternyata menimbulkan korban jiwa. Sejauh ini, ada 11 orang yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Mereka tertimpa reruntuhan batuan dan longsor di pegunungan. The Star mengabarkan, Sabtu (6/6/2015), awalnya ada dua jenazah yang dievakuasi. Tak lama kemudian, 9 jenazah lainnya berhasil ditemukan. Sebagian adalah anak-anak yang sedang wisata alam ke kawasan pegunungan tersebut.

Di antara korban tewas adalah seorang anak perempuan berusia 12 tahun dari Tanjing Katong Primary School Singapura. Dia naik gunung bersama 29 anak dan 8 guru. Hingga saat ini, ada beberapa anak dan guru yang belum ditemukan keberadaannya.Rencananya, jenazah para korban akan dievakuasi dari gunung menggunakan helikopter, namun menunggu cuaca cerah. Salah seorang pendaki yang selamat menceritakan, efek gempa tersebut membuat batu-batu dari atas gunung berjatuhan. Bahkan ada yang besarnya sama dengan ukuran mobil.

Jasad yang ditemukan di Gunung Kinabalu, yang terletak di Pulau Kalimantan, merupakan korban tewas akibat tanah longsor yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 6,0. Sekitar 137 orang pendaki terjebak selama beberapa jam di gunung tetapi kemudian berhasil diselamatkan.

Sebelas orang tewas dan delapan lainnya masih hilang setelah gempa bumi terjadi di dekat kawasan Gunung Kinabalu, seperti disampaikan oleh Menteri Pariwisata Malaysia. Media lokal menyebutkan seorang anak perempuan warga Singapura dan seorang pemandu lokal termasuk diantara korban tewas. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong terus memantau situasi warganya di Kinabalu. Terutama 8 murid dan dua guru yang belum ditemukan.

Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Lingkungan Sabah Datuk Masidi Manjun mengatakan, gunung Kinabalu ditutup selama tiga pekan ke depan untuk proses evakuasi dan memperbaiki fasilitas yang rusak. Menteri Pariwisata Sabah Masidi Manjun menuliskan: "Sekitar 137 pendaki telah sampai di kantor pusat Taman Nasinal, kelompok terakhir pada pukul 2.50 pagi". Dia kemudian mengkonfirmasi 11 jasad telah ditemukan dan tim penyelamat mencari delapan orang yang masih hilang.

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design