Jalur Pendakian Gunung Slamet Kembali Dibuka

Jalur Pendakian Gunung Slamet Kembali DibukaJalur pendakian Gunung Slamet melalui Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, segera dibuka kembali. Setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Slamet dari level II atau waspada ke normal, 8 September lalu.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Purbalingga Prayitno dalam rilisnya menyatakan, dengan penuruan status jalur pendakian di Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja dibuka untuk pendakian.

"Dengan penurunan status maka jalur pendakian kita bukan, nanti kita akan menempatkan satu orang petugas di Pos Bambangan, untuk memberikan pelayanan kepada para pendaki yang hendak ke puncak Gunung Slamet" jelasnya, Rabu (9/9/2015).

Diakui animo pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet sangat tinggi.
Saat peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 Republik Indonesia, banyak pendaki yang berdatangan ke Pos Pendakian Bambangan. "Saat itu kami tolak karena status masih waspada," kata Prayitno.

Pos Pendakian Bambangan ditutup sejak PVMBG menaikkan status Gunung Slame t dari "Normal" menjadi "Waspada" pada tanggal 10 Maret 2014. Menurut dia, dampak penutupan itu secara ekonomi tidak saja hanya terhadap pendapatan asli daerah (PAD) tetapi juga aktivitas ekonomi warga yang mengandalkan berjualan dari para pendaki.

"Sejak jalur pendakian ditutup, warga yang membuka warung penitipan tas sepeda motor dan sebagainya tidak mendapatkan penghasilan," jelasnya.

Akibat penutupan jalur pendakian tersebut, kata dia, target PAD tahun 2014 sebesar Rp10 juta tidak tercapai karena sejak awal Januari 2014 hingga tanggal 10 Maret 2014 hanya memperoleh pendapatan sebesar Rp3.424.000 atau setara dengan 856 pendaki yang mendaki Gunung Slamet para periode itu.

"Sementara target sebesar Rp14 juta untuk tahun 2015, hingga saat ini juga belum satu rupiahpun ada pemasukan," katanya. Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes.(Eviyanti/A-108)*PR
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design