Oki Kumala Putra Pendaki Semarang di Merbabu

Oki Kumara Putra seorang pelajar dari SMK 10 Semarang sekaligus seorang pendaki Semarang berusia 17 tahun ditemukan meninggal dunia di dalam tenda pada pukul 05.30 WIB pagi tadi tepatnya di Pos Watu Gubug, jalur pendakian Thekelan, pada ketinggian 2723 mdpl pada kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Proses evakuasi seorang pendaki bernama, Oki Kumara Putra (17) yang ditemukan meninggal dunia di dalam tenda saat mendaki gunung Merbabu dilakukan Minggu (7/2/2016). Warga Jalan Mustokoweni, Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara ini sudah dievakuasi dan divisum di RSUD Salatiga.

Kronologis kejadian ini awalnya korban bersama temannya Nicolas Rahman Wijaya (16), warga Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang utara, akan mendaki Gunung Merbabu lewat Pos Tekelan. Oki sempat naik dan beristirahat selama semalam. Namun, pada saat ditemukan korban dalam keadaan terbujur kaku.


Penyebab meninggalnya Oki dalam pendakian ke puncak merbabu belum bisa dipastikan karena menunggu visum yang sekarang masih dilakukan di RSUD Salatiga dan belum ada keterangan secara pasti. Namun diperkirakan Pendaki Merbabu ini Meninggal di Tenda karena kena serangan Hypothermia.

Hipotermia adalah kondisi di mana inti suhu didalam tubuh turun di bawah yang diperlukan untuk menjalankan metabolisme tubuh. Kondisi itu bisa menyebabkan beberapa hal seperti kebekuan sistem dan kerusakan jaringan sehingga tak bisa menjalankan metabolisme yang dibutuhkan.

Ada beberapa gejala yang mengindikasikan serangan hipotermia seperti dimulai diawali dengan gejala kedinginan. Proses itu bisa dilanjutkan dengan badan gemetaran karena dingin, kondisi itu akan diperparah jika korban mengenakan pakaian basah.  

Cuaca yang tidak bisa diprediksi di puncak gunung selayaknya untuk kita selalu membawa perlengkapan pendakian yang lengkap setiap kita hendak naik gunung. Selalu waspada dengan cuaca buruk dan mengukur kemampuan masing-masing, jangan memaksakan melanjutkan perjalanan jika kondisi tubuh terlalu lelah. Pastikan keselamatan diri jadi yang utama.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design