Letusan Gunung Merapi Tak Pernah Ingkar Janji

Gunung Merapi Meletus lima tahun sekaliGunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Gunung api yang berada di wilayah Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten ini menyajikan keindahan alami yang bisa membuat siapapun berdecak kagum. Namun dibalik keindahannya, Gunung Merapi menyimpan potensi ancaman bahaya yang nyata.

Semisal pada letusan tahun 1006 yang disebut oleh seorang geolog Belanda, Van Bemmelen telah menyebabkan Pulau Jawa seluruhnya tertutup oleh abu Merapi. Bahkan letusan inilah yang disebut-sebut merupakan penyebab pindahnya pusat Kerajaan Medang atau Mataram Kuno ke daerah Jawa Timur.

Kemudian letusan pada tahun 1872. Letusan ini dianggap sebagai letusan terkuat dalam catatan geologi modern dengan skala VEI mencapai 3 sampai 4. Letusan terbaru pada tahun 2010 yang diperkirakan juga memiliki kekuatan yang mendekati atau bisa jadi sama dengan letusan terkuat tadi.

Hingga sekarang, Gunung Merapi masih aktif. Menghimpun energi untuk menghasilkan erupsi yang biasanya terjadi lima tahun sekali. Namun, pascaerupsi tahun 2010, berbagai kalangan ahli menyatakan bahwa perilaku merapi sudah berubah. Siklus lima tahunan itu bisa saja berubah. Akan tetapi yang pasti merapi tak pernah ingkar janji.

Berthomier sarjana Prancis membagi perkembangan Merapi dalam 4 tahap. Pra Merapi (400 ribu tahun lalu), Merapi Tua yang membentuk Gunung Turgo dan Plawangan (60 ribu hingga 8 ribu tahun lalu), Merapi Pertengahan yang membentuk Pasar Bubar (8 ribu - 2 ribu tahun lalu) serta Merapi Baru yang membentuk Gunung Anyar sekitar 2000 tahun lalu hingga kini.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design