Pungli di Jalur Pendakian Gunung Guntur Garut

Media Sosial dihebohkan dengan beredarnya video oknum yang melakukan pungli pada pendaki Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. Hal ini diketahui dari video yang diunggah di Instagram, Sabtu (8/7/2017). Tertulis dalam keterangan yang menyertai video itu, tindakan yang diduga pungli ini terjadi di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam video singkat itu, terlihat seorang pria tengah memegang beberapa kertas. Ia pun menyerahkannya pada rombongan pendaki yang terlihat di video itu. Meski tahu sedang direkam pria itu tak mempersalahkan, jika video ini disebar ke media sosial juga, meski yang dilakukan pria itu termasuk dalam kategori pungli dan tidak ada di tempat lain.

Akun @pejalandewekan yang juga membagikan video itu menuliskan kronologi yang menimpa dirinya. Ia menulis, jika pria tersebut mengaku karang taruna yang menjadi titik mula pendakian Gunung Guntur yaitu jalur Citiis. Mereka meminta uang 5 rb perorang kalau lewat daerahnya dan mereka itu resmi kata mereka dan SIMAKSI disebut tidak resmi.

Jadi pada dasarnya mereka itu cemburu oleh petugas resmi yang mengelola jalur pendakian dan akibatnya seperti ini. "Makanya saya menentang mereka..karena pendaki lain yg awam akan hal seperti justru mangguk" aja...#boikotpungli," tulis akun @pejalandewekan. Netizen lain pun banyak yang mengeluhkan pengalamannya saat mendaki Gunung Guntur via Citiis.

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 32 ribu kali dan dikomentari ratusan netizen. Beragam komentar pun memenuhi kolom komentar : @endatsunandar: Guntur sudah lama begitu, papandayan mulai, disusul beberapa gunung lain.......... @gugunturr: Jujur emang males gw nanjak ke jawa barat karena terlalu banyak punglinya.

@fadhilahrifqi10: Kepada teman teman hikers dimanapun berada, saya sarankan kalo mau nanjak ke mt.guntur supaya naik via jalur cikahuripan. Selain bebas pungli,tracking nya lebih nyaman, dan ketika sampai diatas langsung berada diperbatasan antara puncak 3 dan puncak 4, gak perlu turun naik turun naik cantik seperti via citiis cipanas. Sekian semoga bermanfaat @mountainesia.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design