Kebakaran Hutan di Puncak Gunung Dempo

Gunung Dempo terbakar, satwa liar serbu perkampunganTerbakarnya puluhan hutan dan lahan di areal Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatera Selatan sejak tiga hari terakhir membuat satwa liar turun ke pemukiman. Warga diminta waspada dan tidak membunuhnya jika tidak membahayakan jiwa.

Koordinator Penyidikan dan Pengamanan Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumsel Edi Sopian mengungkapkan, satwa liar yang terlihat oleh warga tiga hari terakhir mulai dari babi, rusa, tapir, hingga harimau Sumatera. Satwa-satwa tersebut memilih turun gunung lantaran habitatnya terganggu akibat kebakaran.

"Benar, ada rusa, tapir bahkan harimau Sumatera yang terlihat masuk ke pemukiman warga. Itu karena ada kebakaran di badan gunung Dempo," ungkap Edi, Jumat (18/9).

Saat ini, kata dia, pihaknya bekerjasama dengan aparat hukum tengah fokus melakukan antisipasi terjadinya konflik antara satwa-satwa tersebut dengan manusia. Sebab, bisa saja satwa itu menyerang warga karena habitatnya terusik. "Ini untuk bisa selamatkan satwa-satwa itu dan juga warga aman," kata dia.

Meski merasa khawatir dengan keberadaan satwa-satwa tersebut, warga diimbau tidak melakukan tindakan sporadis dengan membunuh hewan-hewan dilindungi itu. Warga sebaiknya menghindar untuk menyelamatkan diri. "Kami maklumi warga pasti takut dan was-was, warga diminta menghindar jika melihatnya, jangan dibunuh," imbaunya.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design