Status Gunung Agung Waspada Jadi Siaga

Status Gunung Agung Waspada Naik jadi SiagaGunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali saat ini gunung tersebut masih berstatus "siaga". Terkait hal itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini tengah disusun rencana kontinjensi yang melibatkan sejumlah dinas kementerian dan lembaga terkait.

TNI, Polri, Basarnas, kementerian dan kembaga dinas-dinas yang ada. Dan rencana kontinjensi itu disusun berdasarkan kesepakatan. Rencana kontinjensi merupakan salah satu tahap agar upaya penanggulangan bencana menjadi efektif. Dalam rencana kontinjensi juga disepakati langkah-langkah alternatif jika terjadi peristiwa yang tidak direncanakan atau di luar prediksi.

Setelah rencana kontinjensi tersusun, selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada aparat serta masyarakat. Sutopo berharap, sosialisasinya nanti akan berjalan lancar. Peningkatan status (dari waspada ke siaga) ini digunakan untuk secara intensif melakukan sosialisasi. Sebelumnya, status aktivitas Gunung Agung ditingkatkan dari level "waspada" menjadi "siaga" pada Senin (18/9/2017) malam.

Atas hal itu, sebanyak 44 warga yang berasal dari Dusun Lebih, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem mengungsi secara mandiri. Mereka mengungsi ke 3 lokasi di wilayah Kabupaten Klungkung dan telah ditangani oleh BPBD setempat. BPBD Kabupaten Klungkung telah memberikan bantuan bagi pengungsi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali telah menyiapkan sejumlah titik untuk mengevakuasi warga di sekitar Gunung Agung, Karangasem, Bali pada Selasa (19/9/2017). Hal ini dilakukan menyusul naiknya status Gunung Agung dari waspada menjadi siaga pada Senin (18/9/2017) malam.

Kepala BPBD Bali, Dewa Made Indra mengatakan, proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Tahapan pertama, BPBD memprioritaskan kelompok rentan seperti warga lanjut usia, balita, dan penyandang disabilitas.  Sedangkan warga lainnya dinilai belum diperlu dievakuasi. Prioritas evakuasi pada kelompok rentan, orangtua, ibu hamil, dan balita.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design